add2review
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

DINAMO STARTER KOTOR

Jumat malam beberapa hari yang lalu tiba-tiba si kucing hijau tidak dapat distarter. Di satu sisi ada keluh kesah, di sisi lain begitu besar rasa syukur Alhamdulillah karena si kucing mogoknya di depan rumah.
Dengan pengetahuan dan pengalaman yang besar sebesar ujung jentik kuku. Kap mobil dibuka clingak clinguk ke bagian mesin. Kira-kira apa ya penyebabnya?
Coba distarter terdengan suara "ceklek" lalu senyap tak bersuara lagi. Waduh apanya ya? Dengan lagak kayak montir profesional. Saya mengambil AVOMETER dalam benak barangkali akinya yang tekor sehingga tidak kuat memutar dinamo starter. Saya hubungkan kabel merah AVOMETER ke kutub positif dan kabel hitam ke kutub negatif AKI.  Skala AVOMETER menunjukkan angka 12.6 Volt yang berarti kondisi aki masih sehat. Wah apanya yah tambah deh bingungnya. Dengan menggunakan pengukur tegangan model colokan korek. Saat distarter display pengukur tegangan menunjukkan angka 11 koma sekian tepatnya lupa. Konon katanya hal tersebut menunjukkan kondisi aki yang masih sehat.
Pusing apanya ya?
Akhirnya kap mobil ditutup dan masuk rumah sambil berfikir kira-kira apanya yang bermasalah?
Akhirnya sambil tiduran buka mbah google cari info barangkali ada kejadian yang sama.
Jreng jreng jreng Ternyata ada petunjuk. Alhamdulillah.
Dalam beberapa blog menyatakan bila terjadi gejala seperti yang diungkapkan di atas adalah dinamo starternya bermasalah. Tapi terus diapakan?
Keesokan harinya saya pergi ke bengkel dan minta layanan untuk service kunjungan. Dari bengkel akhirnya pulang dengan diikuti oleh montir menuju rumah.
Setelah tiba di rumah langsung oleh montir dicek. Minta tolong untuk distarter dan seperti sebelumnya cuma terdengar "ceklek" dan minta distarter lagi juga tetap terdengar suara "ceklek". "Ini dinamo starternya yang bermasalah waktunya diservice karena bagian dalamnya kotor begitu" ujar montirnya. Saya hanya bisa bilang "oooooo" terus solusinya bagaimana? Diservice di sini atau harus dibawa ke bengkel. Layanan perbaikannya harus dikerjakan di bengkel karena keterbatasan alat dan aturan bengkelnya kalau waktu servicenya membutuhkan waktu lebih dari 1 jam mulai bongkar sampai pasang harus dikerjakan di bengkel.
Terus bawa ke bengkelnya bagaimana?
Sebentar kata montirnya sambil ambil kunci sok T dari dalam kotak alat yang dibawanya. Selanjutnya dengan pengalamannya kunci T diketuk-ketukkan ke dinamo starter. Selanjutnya minta untuk distarter lagi. Alhamdulillah dengan ijin Allah mobil saat distarter cekekekek dan greng greng si kucing hidup.
Dua jempol untuk pak montir.

0 komentar:

Posting Komentar